Resep Mudah Membuat Klepon Ubi dan Ketan yang Lezat

Indonesia merupakan salah satu Negara yang memiliki berbagai jenis budaya. Dari budaya ini pun terlahir beberapa kuliner yang sangat unik dan menggugah selera. Salah satunya adalah jenis camilan klepon. Camilan yang satu ini memiliki rasa manis dari isiannya dengan tekstur yang kenyal. Ditambah lagi dengan baluran parutan kelapa yang membuat rasa klepon menjadi lebih berwarna.

Klepon lebih identik dengan warna hijau muda, yang di dalamnya berisi gula merah cair. Saat dimakan, berhati-hatilah karena isiannya akan mudah meleleh keluar. Namun ternyata klepon tidak hanya ada yang berwarna hijau. Tetapi ada beberapa jenis klepon lainnya yang memiliki bahan dasar yang berbeda. Selain klepon tepung beras, Anda bisa membuat klepon ubi dan klepon ketan di rumah. Bagaimana caranya? Berikut ulasannya.

Klepon Ubi Jalar dan Ubi Ungu dengan Sensasi Rasa yang Unik

Bagi Anda yang gemar mencoba berbagai jenis makanan, klepon ubi bisa menjadi salah satu menu andalan yang sangat unik. Warna kuning yang dihasilkan dari ubi jalar bercampur gula atau berwarna ungu menjadi klepon ubi sangat menarik untuk dibuat. Tak hanya enak, penampilannya pun sangat menggugah selera. Berikut adalah cara membuat klepon dari ubi.

  • Cara Membuat Klepon Ubi Jalar

Seperti membuat makanan pada umumnya, Anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Untuk klepon ubi jalar, Anda membutuhkan sekitar 250 gram ubi jalar yang sudah dikupas. Sekitar 50 gram tepung tapioka dan 60 gram gula merah. Sebagai ciri khas dari klepon, jangan lupa menyiapkan parutan kelapa. Sebagai bumbunya, Anda bisa menyiapkan gula pasir, garam dan vanili.

Jika seluruh bahan telah siap, maka bisa mulai untuk membuat klepon ubi jala yang lezat. Setelah ubi jalar dikupas, Anda harus mengukusnya hingga empuk. Untuk membuatnya lebih cepat dikukus, Anda bisa mencoba untuk memotongnya secara tipis-tipis. Hanya sekitar 10 menit, ubi jalar sudah bisa diangkat. Hancurkan ubi yang sudah matang hingga halus dan tambahkan vanili secukupnya. Seraya diaduk merata, taburkan garam secukupnya.

Setelah tercampur, tambahkan tepung tapioka pada ubi yang sudah hancur dan buat adonan menjadi bulat-bulat. Siapkan gula merah yang telah dipotong dadu. Adonan ubi yang sudah dibentuk bulat, dipipihkan untuk diisi oleh gula merah. Rebus dalam air mendidih hingga mengapung. Jika sudah matang, maka Anda bisa menaburkannya dengan parutan kelapa. Klepon ubi jalar sudah siap disajikan.

  • Cara Membuat Klepon Ubi Ungu

Selain ubi jalar, Anda juga bisa membuat klepon dari ubi ungu. Warnanya yang cantik akan membuat hidangan ini semakin menarik. Sebenarnya untuk pembuatannya masih sama dengan klepon ubi jalar. Yang membedakannya adalah bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk klepon ubi ungu Anda membutuhkan sekitar 200 gram ubi ungu, 150 gram tepung ketan, 1 lembar daun pandan, gula merah yang sudah dipotong dadu, kelapa yang sudah diparut, dan garam secukupnya.

Untuk langkah pertama, Anda harus mengupas ubi ungu dan mencucinya hingga bersih. Potonglah ubi menjadi dua bagian dan kukus hingga matang. Segera hancurkan ubi hingga halus selama masih panas. Anda bisa menggunakan ulekan ataupun garpu untuk lebih mudahnya. Jika sudah halus, maka Anda bisa memasukkan tepung ketan bersamaan dengan garam secukupnya untuk dicampurkan ke dalam ubi yang sudah dihaluskan. Anda bisa menambahkan air secukupnya untuk membuat adonan.

Setelah siap, Anda bisa merebus air dan memasukkan selembar daun pandan ke dalamnya. Seraya menunggu air mendidih, isi adonan klepon ubi ungu dengan gula merah yang sudah dipotong dadu. Lalu, masukan ke dalam air rebusan daun pandan. Klepon akan matang jika adonan sudah mengapung ke atas. Jika sudah matang, maka Anda bisa meniriskannya dan mencampurkannya ke dalam parutan kelapa. Klepon ubi ungu sudah siap disantap.

Klepon Ketan Hitam yang Menggugah Selera

Tak hanya dari ubi, klepon juga bisa dibuat hanya bermodalkan ketan. Jika Anda tidak terlalu menyukai ubi, maka Anda bisa mencoba untuk membuat klepon dari ketan hitam. Caranya cukup mudah dan bahan-bahan yang digunakan pun lebih sederhana dan mudah untuk ditemukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan beserta cara untuk membuat klepon ketan hitam yang sangat lezat;

  • Bahan-Bahan yang Harus Disiapkan

Untuk membuat klepon ketan hitam, Anda membutuhkan beberapa bahan. Tentunya Anda membutuhkan tepung ketan hitam sebanyak 50 gram. Lalu, Anda juga membutuhkan sekitar 100 gram ketan putih. Sekitar 120 ml santan, garam, air kapur sirih, gula merah, wijen, daun pandan dan sekitar 100 gram kelapa parut juga dibutuhkan.

  • Cara Membuat Klepon Ketan Hitam

Pertama, buat adonan. Campurkan tepung ketan putih dan ketan hitam ke dalam sebuah wadah. Tambahkan garam secukupnya dan aduk hingga merata. Tambahkan air kapur sirih dan santan secara peralahan hingga dapat diuleni. Jika adonan sudah kalis, maka Anda bisa membentuknya bulat-bulat.

Di sisi lain, Anda bisa mencampurkan gula merah yang sudah dipotong halus dengan wijen yang sudah disangrai. Lalu, masukan isian gula merah ke dalam adonan yang sudah siap sebelumnya. Jangan lupa untuk menyiapkan air rebusan daun pandan. Jika sudah matang, maka Anda bisa menaburkan kelapa parut di atasnya.

Sangat mudah bukan untuk membuat klepon enak di rumah? Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan mengikuti tata cara pembuatannya dengan benar, Anda akan mendapatkan rasa klepon yang super lezat. Jadi, klepon manakah yang akan Anda buat untuk hari ini? Jangan lupa untuk menyiapkan seluruh bahannya!

Share