Resep Membuat Roti Buaya

Di Indonesia, pernikahan kerap mengusung adat sesuai dengan buaya mereka, salah satu yang kerap ditemukan adalah pernikahan dengan adat betawi. Pernikahan dengan adat ini tentu tidak pernah lepas dengan roti buaya Bekasi. Roti buaya sendiri merupakan roti empuk dengan bentuk buaya dan memiliki panjang kurang lebih 50 meter. Dari berbagai barang yang dibawa oleh mempelai pria, roti buaya menjadi posisi yang paling penting saat pernikahan adat betawi.

Makna dan Simbol Roti Buaya

Roti buaya sendiri memiliki sejarah tersendiri sebagai salah satu roti yang diwajibkan saat pernikahan adat betawi. Inspirasi roti buaya sendiri diambil dari buaya asli yang hanya kawin satu kali seumur hidupnya. Hal ini sudah dipercaya oleh masyarakat betawi secara turun temurun. Tidak hanya itu saja, roti buaya sendiri dianggap sebagai simbol kesetiaan. Untuk roti sendiri dianggap sebagai lambang ekonomi. Hal ini diharapkan roti akan membawa ekonomi yang baik kepada keluarga. Di acara pernikahan, mempelai pria akan membawa sepasang roti buaya dengan ukuran besar dan kecil. Buaya dengan ukuran kecil disimbolkan sebagai perempuan dan yang besar disimbolkan sebagai laki-laki.

Bahan Membuat Roti Buaya

Setelah Anda memahami sejarah dan makna dari roti buaya, maka Anda dapat membuat sendiri roti buaya Bekasi. Ada beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat roti buaya sendiri. Bahan-bahan yang digunakan sebagai berikut:

  • 1 Kg tepung terigu
  • ΒΌ Kg gula pasir halus
  • 15 gram susu bubuk
  • 100 gram margarin
  • 3 butir telur ayam
  • Ragi bubuk instan
  • Air es
  • Garam dapur
  • Pewarna makanan secukupnya.

Langkah Membuat Roti Buaya

Berbagai bahan di atas dapat Anda peroleh dengan mudah di warung terdekat Anda. Setelah semua bahan siap, maka Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk membuat roti buaya. Berikut ini cara membuat roti buaya:

  1. Sediakan wadah bersih yang siap untuk digunakan untuk membuat roti buaya. Masukan margarin serta gula pasir halus ke dalam wadah. Selanjutnya kocok dengan menggunakan mixer hingga tercampur rata.
  2. Selanjutnya, tambahkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir halus, ragi bubuk, garam, serta pewarna makanan. Campur bahan-bahan tersebut hingga rata. Pastikan bahwa adonan sudah tercampur dengan sempurna.
  3. Selanjutnya, masukkan telur ayam satu per satu sambil diaduk dengan menggunakan mixer hingga merata.
  4. Masukkan ke dalam campuran air es sedikit demi sedikit. Saat menambahkan air es, terus aduk campuran hingga merata.
  5. Untuk membantu adonan mengembang secara sempurna, diamkan adonan kurang lebih selama 30 menit.
  6. Saat adonan sudah mengembang, ambil adonan dan bentuk menyerupai dengan buaya. Lanjutkan terus hingga adonan habis.
  7. Selanjutnya, adonan yang sudah berbentuk buaya tersebut dimasukkan ke dalam loyang dan oven kurang lebih selama 25 menit. Sebelum mengangkat adonan, pastikan bahwa roti tersebut sudah matang, cara mengeceknya dapat menggunakan lidi. Anda cukup menusukkan lidi pada adonan tersebut. Jika masih terdapat adonan yang menempel pada lidi, maka roti tersebut belum matang.
  8. Angkat roti buaya dan siap untuk dihidangkan.

Demikian di atas merupakan langkah yang dapat Anda lakukan untuk membuat roti buaya. Untuk membuat roti buaya yang empuk dan nikmat, Anda dapat meminta bantuan kepada yang lebih ahli. Tidak sedikit yang gagal dalam membuat roti buaya Bekasi dalam sekali coba. Hal ini membuat Anda perlu melakukan beberapa percobaan untuk membuat roti buaya yang empuk dan nikmat.

Share