Resep Balado Ikan Asin Pakang Nikmat

Salah satu makanan khas Indonesia yaitu ikan asin memang cukup unik. Ada banyak sekali olahan ikan yang diawetkan menjadi ikan asin, hal ini awalnya memang bertujuan agar ikan bertahan lama. Namun, seiring waktu ikan asin banyak disukai oleh masyarakat banyak. sehingga banyak sekali ikan yang sengaja dibuat menjadi ikan asin.

Cara Membuat  Balado Ikan Asin Pakang

Salah satu ikan asin yang populer yaitu ikan asin pakang. Teksturnya cukup unik yaitu keras, sehingga saat dimasak akan tetap renyah. Sedangkan untuk rasa dari ikan asin cukup hambar, untuk itu apabila Anda penggemar ikan asin namun menginginkan rasa asin yang tidak terlalu kuat, Anda bisa memilih ikan asin pakang.

Ikan asin akan semakin nikmat jika dimasak dengan bumbu-bumbu khas Nusantara, yaitu balado. Jika balado banyak diisi dengan protein seperti telur, ayam, dan sayuran. Kali ini kami akan membagikan resep ikan asin pakang balado. Yang tentunya sangat lezat untuk menu makan siang hari ini. berikut bahan-bahan serta cara membuatnya:

Bahan-Bahan:

  • Ikan asin pakang 100 g
  • Bawang merah 4 siung
  • Bawang putih 2 siung
  • Cabai merah 10 buah
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Larutan asam Jawa 2 sdm
  • Air 55 cc
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat:

Siapkan bahan-bahan diatas kemudian kupas bawang merah serta bawang putih. setelah itu cuci bersih bawang merah, bawang putih, cabai, serta ikan asin pakang. Panaskan wajan, tambahkan minyak goreng secukupnya, lalu goreng ikan asin pakang hingga berwarna kuning kecokelatan dan matang. Setelah itu kita akan siapkan bumbu balado.

Sebelum dihaluskan, bumbu untuk sambal balado lebih baik bawang merah, bawang putih, serta cabai dipotong menjadi bagian yang lebih kecil agar memudahkan proses penghalusan. Baru setelah itu dihaluskan dengan menggunakan blender atau bisa dengan cara manual dengan memakai ulekan.

Seduh asam Jawa dengan air hangat sebanyak dua sendok makan. Kemudian panaskan wajan dan tambahkan minyak secukupnya. Masukkan sambal balado yang sudah dihaluskan tadi, kemudian aduk sebentar. Campurkan dengan larutan asam Jawa serta sedikit air. Tambahkan gula pasir dan garam, kemudian aduk rata hingga semua tercampur secara merata.

Pastikan bahwa sambal balado sudah benar-benar memiliki rasa yang sesuai dengan lidah Anda.  oleh karena itu, cicipi sambal baladonya untuk mengoreksi rasa. Jika masih kurang asin tambahkan garam atau apabila kurang manis bisa tambahkan gula. Kemudian aduk hingga sambal balado menjadi agak menyusut airnya, lalu masukkan ikan asin pakang. Aduk hingga semua merata setelah itu matikan api dan balado ikan asin pakang siap dihidangkan.

Tips untuk balado ikan asin pakang ini yaitu jika tidak memakai asam Jawa, bisa menggantinya dengan tomat. Lalu jangan lupa dihaluskan bersama cabai dan bawang. Selain itu, cabai merah bisa ditambahkan dengan cabai rawit agar rasa pedasnya semakin terasa. Anda juga bisa mengganti jumlah cabai sesuai dengan selera Anda.

Dalam memasak balado, pastikan sebelum ikan asin pakang dicampur dengan sambalnya, pastikan bahwa sambal sudah enak dan matang, baru setelah itu hanya tinggal diaduk agar sambat dan ikan asin tercampur rata. Aduk sebentar saja kemudian langsung sajikan.

Cukup mudah bukan membuat balado ikan asin pakang tadi. Demikian penjelasan mengenai bahan serta cara pembuatan balado ikan asin pakang. Semoga dapat menambah ilmu Anda mengenai dunia kuliner.

Share Button